Undur-undur Sebagai Obat Alternatif Mujarab

undur-undur
Pengobatan terhadap penyakit dalam dilakukan dengan berbagai cara, Ada yang menggunakan medis, alternatif, ramuan tradisional hingga paranormal (dukun). Banyak faktor yang menyebabkan masyarakat memanfaatkan pengobatan alternatif, diantaranya adalah karena mahalnya harga obat-abatan, pengobatan secara medis tidak mendapatkan hasil atau bahkan Dokter sudah angkat tangan dengan penyakitnya.
Menyikapi hal tersebut maka tidak salah jika orang akhirnya menempuh penyembuhan dengan pengobatan alternatif sebagai jalan keluarnya.
 Sejak dahulu kala, banyak orang menggunakan hewan atau tumbuhan seperti kunyit, kunci, kencur, laos, temulawak dan masih banyak yang lainya atau hewan seperti tokek, ular, biawak sbagai penyakit kulit.
 Entah siapa yang mulai sejak kapan, namun masyarakat saat ini mulai marak meyakini "Undur-undur, sebagai obat segala penyakit seperti darah tinggi, sesak nafas, komplikasi dsb. 

Sarang undur-undur
Undur-undur , hewan sejenis serangga yg hidup bersembunyi ditanah kering, khususnya berpasir, kini makin banyak diminati sebagai obat yang manjur menyembuhkan penyakit. Beberapa penkonsumsi undur-undur mengakui bahwa undur-undur sebagai obat alternatif disamping pengobatan medis  ke dokter atau rumah sakit. Menurut mereka berawal dari rasa sakitnya yg tak kunjung sembuh meski telah berobat, dimana tubuhnya selalu gemetar sehingga tidak bisa melakukan berbagai aktivitas, mkemudian mendengar cerita kalau undur-undur dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit maka ada yg tertarik untuk mempraktekkannya. Bahkan ada yang menyatakan rutin menelan dua ekor undur-undur setiah hari hasilnya keluhanm sakit yang diderita sedikit demi sedikit berangsur sembuh dan setelah dirasa cukup sehat mereka pun jarang menelanya.
Pendapat senada juga diakui beberapa pasien yang menderita penyakit komplikasi, setelah rutin berobat ke tabib, akhirnya mereka penasaran tentang obat yang selama ini diminumnya maka dibukalah isi kapsul yang diminum tiap hari itu. Namun alangkah terkejutnya orang tersebut karena didalam kapsul ternyata berisi "undur-undur". Sejak saat itu ia kemudian mencari hewan yang hidup ditanah kering ini.
Meskipun hidupnya dipasir tapi tidak sulit untuk mendapatkanya karena tanah atau pasir tempat hidup undur -undur memiliki tanda khas yakni mengerucut.