Es Lodeh Khas Jombang

KATA lodeh selalu identik dengan sayur. Namun tidak bagi minuman yang satu ini. Lodeh justru mengikuti nama es. Es lodeh nama minuman itu.

Model es ini hampir sama seperti es campur pada umumnya. Bedanya, es lodeh ini ada campuran sambal bajak. Dengan colekan sambal bajak inilah es lodeh kian membuat ketagihan para penikmatnya.

Racikan es lodeh terdiri dari irisan-irisan buah-buahan, seperti alpukat, bengkuang, nanas, sawo dan tomat. Irisan buah itu ditambah dengan potongan janggelan dan butiran kue mutiara. Campuran itu dalam satu mangkuk dipadu dengan santan dan tetesan gula cair. Untuk menambah nikmatnya es lodeh ini diberi guyuran susu kental.

"Untuk penambahan sambal, tergantung selera. Kalau mau pedas, sambelnya banyak. Meski sambalnya terasa pedas, tapi rasa manis es lodeh masih terasa," kata Puji Astutik, penjual es lodeh Pak Seger” kepada okezone di warungnya, Jalan Gubernur Suryo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (18/9/2011).

Es lodeh “Pak Seger” ini boleh dibilang hanya ada di Kabupaten Jombang. Sebab, resep ini memang sengaja diberikan secara turun-temurun. Terutama sambal untuk mencamputi es lodeh ini memang ada resep tersendiri. Puji Astutik merupakan cucu dari pemilik es lodeh yang sudah almarhum.

Puji menceritakan, warung ini pertama dirintis kakeknya pada 1980 silam. Pada waktu itu, Pak Seger masih berjualan keliling dengan dipikul. Saat itu, harga satu porsi es lodeh hanya Rp250.

Banyaknya peminat eS lodeh ini membuat usahanya kian berkembang. Saat ini warung es lodeh telah memiliki tiga cabang, yang semuanya ada di Kabupaten Jombang. Warung-warung tersebut dikelola oleh anak dan cucu Pak Seger.

Kenikmatan rasa pedas manis es lodeh dapat dinikmati segala kalangan. Hanya dengan merogoh kocek Rp2.500 sudah bisa menikmati satu porsi es lodeh.