Anak Soleh Boyong Emas Dari FASI Nasional di Jakarta

Jombang-Prestasi santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di ajang Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) terus terukir. Setelah berhasil merebut emas dan berhasil menempatkan Jombang sebagai juara ke-5 Jatim pada bulan Juni lalu. Di ajang FASI nasional di Asrama haji Pondok Gede Jakarta (27/9) kemarin, Jombang kembali meraih emas. Bahkan memboyong lima kejuaraan sekaligus.
‘’Alhamdulillah dari 6 kontingen yang kita bawa mewakili Jatim, ada 5 santri berhasil,’’ cetus Ketua BKPRMI-LPPTKA Jombang, M Nafiul Huda.

Dari 5 kontingen itu cabang tahfid juz Amma menjadi jawara nasional dan meraih emas. Prestasi membanggakan ini diraih Eva Indatul Azhari dari TPQ Al Azhar Senden Peterongan Jombang.
Sedangkan M Fauzi Aryanda, jawara Pildacil Jatim asal TPQ Al Islamiyah Plosogenuk Perak Jombang ini harus puas pada posisi juara harapan 1. Meski pada lomba Pildacil yang dihelat Radar Mojokerto dipenghujung bulan suci Ramadan kemarin, Ari, begitu sapaan akrabnya, meraih juara 1.
‘’Dia dikalahkan kontingen Kalimantan, tidak ada-apa, meski juara harapan 1 tapi ini tingkat nasional,’’ tegasnya.

Selain dua cabang itu, Jombang juga berhasil meraih juara 3 terjemah lafdiyah (cerdas cermat) dari grup TPQ Riyadul Jannah Kauman Utara Jombang. Masing-masing M Rizal, Alfiani Firdaus dan Dita Eliza. Di ajang FASI tahun ini, diramaikan dengan aneka cabang yang dilombakan. Seperti nasyid, cerdas cermat, cerita Islami dan kaligrafi. Tak hanya itu, juga ada lomba pidato Bahasa Inggris-Arab- Indonesia. Peserta juga dapat mengikuti lomba mewarnai dan menggambar, lomba adzan, tartil hingga tilawah dan hafalan Juz Amma.

Kontingen Jombang seluruhnya 60 orang yang 6 diantaranya dari Jombang. Seperti diketahui, peserta dari Jombang yang tampil juara pada FASI Jatim adalah Ahmad Syauqi Arianda dari Ploso Genuk Perak Juara. Murid TPA ini merebut  juara 1 lomba pidato Bahasa Indonesia. Sedangkan M.Iqbal Ikhromi dari Senden Peterongan merebut juara 1 tahfidz juz Amma putra. Sementara Eva Izzatul Azhari juga dari Senden Peterongan juga berhasil menggondol juara 1 tahfidz juz Amma putri. Untuk M. Rizal dari Griya Indah Jombang Juara 1 Terjemah Lafdziah.

Kabag Humas Pemkab Jombang, Tri Endah Sektiwati menyatakan, hasil yang dicapai kafilah dari Jombang sudah lumayan maksimal. Prestasi emas yang kembali diraih Jombang itu menjadi motivasi tersendiri dalam mengembangkan pendidikan Alquran dimasa yang akan datang. ‘’Alhamdulillah ini sudah sangat membanggakan, ” tegas Endah singkat. (wati_sjam)

[Sumber : PEMKAB Jombang ]