Air Terjun Tretes

Obyek wisata air tejun Tretes terletak di Desa Galengdowo dengan luas lahan ±2 Hektar, dengan batas-batas sebagai berikut :
- Sebelah Utara : Desa Jarak
- Sebelah Barat : Kabupaten Kediri
- Sebelah Timur : Kabupaten Malang
- Sebelah Selatan : Kabupaten Kediri dan Kab. Malang


       Lokasi air terjun Tretes terletak di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo, dimana kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga keaslian dan keindahan alamnya. Air terjun Tretes terletak pada ketinggian ± 1700 meter dia atas permukaan laut. Secara geologis kawasan ini merupakan batuan hasil gunung api kuarter tua. Pada kawasan ini terdapat aliran sungai yang merupakan sambungan dari air terjun tersebut, sehingga untuk kebutuhan air di kawasan ini dapat terpenuhi dengan baik. Curah hujan di kawasan ini berkisar 5.856 mm/th. Sedangkan suhu rata-rata 24 ° C.
       Fasilitas atau bangunan penunjang kegiatan wisata air terjun hanya terdapat beberapa warung pada ujung jalan batu yang melalui wilayah Kabupaten Kediri. Sarana pendukung lainnya pada umumnya masih bersifat alami.
 

       Pola sirkulasi yang menuju Komplek Obyek Wisata Air Terjun Tretes dapat dicapai melalui 2 (dua) jalan, yaitu :
1. Jalan pada wilayah Kabupaten Jombang, berupa jalan setapak yang melewati bukit dan sungai. Panjang jalan dari tempat parkir ke lokasi ± 5 km.
2. Jalan pada wilayah Kabupaten Kediri, berupa jalan batu yang dapat dilalui oleh kendaraan roda 4 seperti jeep dan sejenisnya. Panjang jalan dari tempat parkir ke lokasi ± 1 km.

Sumber : Klik disini