Resep Telur Kecap yang Gurih dan Lezat

Beberapa hari yang lalu, kita telah merasakan sensasi pedas dan renyahnya Telur Crispy Geprek dengan Sambal Pedas yang begitu menggoda. Kali ini, kita akan tetap berbicara tentang kelezatan telur, namun dengan sentuhan yang berbeda. Resep "Telur Kecap" ini akan memanjakan lidah Anda dengan cita rasa gurih, manis, dan gurih yang tak terlupakan. Mari kita coba bersama!

Bahan-Bahan:

  1. 5 butir telur ayam
  2. 3 sendok makan kecap manis
  3. 1 sendok makan saus tiram
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1/2 sendok teh penyedap rasa
  6. 150 ml air
  7. 3 helai daun bawang

Bumbu Yang di Rajang:

  1. 5 buah cabai merah keriting
  2. 5 butir bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 5 buah cabai rawit merah
  5. 4 buah cabai rawit hijau
  6. 1/2 papan pete

Cara Membuat:

Langkah 1: Persiapan Bahan

Siapkan bahan-bahan yang akan diiris. Cuci bersih dan iris bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan pete sesuai selera. Juga, iris daun bawang sesuai selera.

Langkah 2: Ceplok Telur

Ceplok telur ayam hingga matang, lalu sisihkan.

Langkah 3: Menyajikan Bumbu Awal

Siapkan wajan dengan sedikit minyak, dan panaskan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, lalu tambahkan cabai rawit, cabai merah keriting, dan pete. Aduk rata dan masak hingga bumbu-bumbu ini mengeluarkan aroma yang menggugah selera.

Langkah 4: Tambahkan Kecap dan Saus Tiram

Masukkan kecap manis dan saus tiram ke dalam wajan. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik dan bumbu-bumbu mulai mendidih.

Langkah 5: Penyedap dan Daun Bawang

Bumbui dengan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Tes rasa dan sesuaikan bumbunya sesuai preferensi Anda. Selanjutnya, tambahkan daun bawang yang sudah diiris. Aduk sebentar agar tercampur rata dengan bumbu.

Langkah 6: Menambahkan Telur

Terakhir, masukkan telur ceplok ke dalam wajan. Anda bisa membolak-balik telur agar bumbunya meresap dengan baik. Tunggu hingga bumbu mendidih kembali, lalu matikan kompor.

Langkah 7: Sajikan

Telur Kecap siap disajikan di atas piring. Hidangkan dengan nasi hangat untuk pengalaman kuliner yang lebih nikmat.

Telur Kecap ini adalah hidangan yang gurih dan menggoda yang dapat Anda sajikan kapan saja. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan ini!

Lebih lamaTerbaru