Haul Gus Dur ke-5, Pondok Tebuireng Undang Presiden Jokowi

Pondok Tebuireng Undang Presiden Jokowi
Pondok Tebuireng Undang Presiden Jokowi Jombang - Pondok Pesantren (PP) Tebuireng, Jombang akan menggelar peringatan Haul KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang ke-5. Dalam acara tersebut, panitia haul mengundang Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Selain itu, sejumlah tokoh nasional juga diundang dalam peringatan haul mantan presiden tersebut.

Pengasuh PP Tebuireng, KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) menjelaskan, saat ini pihak panitia terus menggelar koordinasi, termasuk membahas kapan pelaksanaan haul Gus Dur ke-5 Gus Dur. "Insya Allah, dua sampai tiga hari ini koordinasi sudah final. Di antaranya, penentuan tanggal haulnya Gus Dur," kata Gus Solah, Jumat (12/12/2014).

Gus Solah mengaku, paket acara Haul Gus Dur tahun ini, tidak berbeda jauh dengan acara tahun sebelumnya. Di antaranya, khataman Al Quran di sejumlah masjid, tahlil, serta pengajian umum di Tebuireng. "Untuk tokoh yang datang masih dalam konfirmasi, termasuk Presiden Jokowi. Sedangkan undangan sudah kita kirim," ujar Gus Solah.

Sementara itu, Lukman Hakim, salah satu panitia haul memastikan bahwa undangan sudah ia luncurkan kepada beberapa tokoh nasional. Salah satunya adalah Presiden Joko Widodo. "Makanya kita belum bisa memastikan kapan puncak acara haul tersebut. Karena kami masih mencocokkan jadwal Pak Presiden," pungkas Lukman.

Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid meninggal pada 30 Desember 2009 dan dimakamkan di lingkungan PP Tebuireng Jombang. Pusara mantan presiden itu bersebelahan dengan makam kakeknya, yakni Hadratus Syaikh Hasyim Asyari, pendiri NU. Selain itu juga berdekatan dengan makam sang ayah, KH Wahid Hasyim.