Pelantikan 280 Kades di Pendopo Kabupaten Jombang Diwarnai Unjuk Rasa


Jombang - Pelantikan massal 280 Kepala Desa (kades) diwarnai unjukrasa di pendopo Kabupaten Jombang. Sekitar 100 warga Desa Genukwatu Kecamatan Ngoro melakukan aksi protes pilkades di desanya, Kamis (5/12/2012) kemarin.

Rombongan massa datang dengan mengendarai satu truk dan beberapa minibus, serta sejumlah sepeda motor. Dalam aksinya, warga menuntut Bupati Jombang Nyono Suharli untuk menunda pelantikan Sudirman, calon kepala desa (Cakades) terpilih Genuwatu, karena warga sudah mengirimkan surat gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jatim di Surabaya.

Sementara di pendopo, Bupati Nyono memimpin jalannya pelantikan 280 kades yang terpilih dalam pilkades serentak 27 Nopember yang lalu. Massa baru bisa masuk jalan depan pendopo setelah acara usai.

Sekitar satu jam warga berdemo di depan pendopo. Kemudian beberapa perwakilan warga diterima Bupati Nyono Suharli untuk menyampaikan tuntutannya. Setelah usai menerima perwakilan warga, Bupati menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tidak bisa menunda pelantikan kades terpilih Genukwatu maupun menganulirnya.

“Kami hanya bisa menganulir jika memang ada putusan PTUN. Karena itu kami dan jenengan semua harus menunggu putusan PTUN. Percayalah, apapun putusan PTUN, kami siap melaksanakan,” kata Nyono. (fma)