Tiga Gudang Tembakau Dilalap si Jago Merah

Jombang - Tiga gudang tembakau yang ada di Desa Kebonagung Kecamatan Ploso dilalap si jago merah. Dari tiga gudang tersebut sebanyak 18 ton ludes terbakar. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian lebih dari Rp 45 juta.
Agus Sukamto (31), pemilik gudang mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 8.15 WIB. Saat itu, ada dua penjaga gudang, yakni Maryadi dan Sutrisno. Namun dua orang tersebut tidak tahu secara pasti dari mana asal muasal api. Akan tetapi kuat dugaan api berasal dari sistem pengeringan yang menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu. Jarak api dengan tembakau yang digantung sekitar 2 meter.
"Tahu-tahu api sudah berkobar dan menghanguskan tiga gudang yang berukuran 6 X 6 meter. Kemungkinan api berasal dari tungku pengasapan tersebut," kata Agus sembari menunjukkan gudang yang dimaksud, Senin (15/10/2012).
Kencangnya hembusan angin membuat api semakin cepat menjalar. Apalagi, atas bangunan tersebut terbuat dari seng. Dua penjaga itu kemudian melakukan pemadaman secara manual. Selain itu, mereka juga menghubungi PMK (Pemadam Kebakaran) guna mendapatkan bantuan. Mobil PMK yang datang ke lokasi langsung melakukan pemadaman. Nah, dua jam kemudian api berhasil dijinakkan.
Berapa kerugian atas peristiwa itu? Agus mengatakan, dari tiga bangunan itu sebanyak 18 ton tembakau hangus dilalap api. "Kerugian yang kami derita sekitar Rp 45 juta. Itu belum termasuk bangunan yang rusak," kata Agus mengakhiri kometarnya. (beritajatim.com)