Ternyata Teh Hijau Punya Efek Samping

MENGONSUMSI segala sesuatu secara berlebihan memang tidak baik. Prinsip ini juga berlaku bagi Anda ketika minum teh hijau.
Teh hijau memang berkhasiat menurunkan berat badan, mengurangi kerontokan rambut, serta mengeluarkan racun dalam tubuh. Namun, Anda sebaiknya tidak minum teh hijau secara berlebihan. Pasalnya, teh hijau dapat menyebabkan Anda mengalami sembelit atau diare, muntah, bahkan sakit kepala. Kafein dalam teh hijau juga dapat menyebabkan sulit tidur.

Guna mendapatkan khasiat yang optimal dari teh hijau, ada beberapa syarat dalam penggunaannya. Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir Boldsky.

Pilih teh hijau yang masih segar

Pilih teh hijau yang masih segar karena baik untuk tubuh. Anda bisa minum teh hijau yang diseduh dengan air panas atau dingin, tapi pastikan tidak disimpan lebih dari satu jam. Jika teh disimpan dalam waktu lama, maka Anda akan kehilangan vitamin dan antioksidan. Sifat antibakteri dalam teh hijau juga berkurang jika terlalu lama tidak dikonsumsi.

Konsumsi satu jam sebelum makan

Orang yang sedang berdiet lebih suka minum teh hijau sebelum makan. Pasalnya, teh hijau bermanfaat menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan dalam waktu lama.

Jangan terlalu banyak digunakan

Bahan-bahan dalam teh hijau memiliki efek samping pada tubuh. Teh hijau yang kuat atau pekat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sulit tidur, dan jantung berdebar untuk beberapa lama.

Pastikan hanya dua hingga tiga cangkir

Minum teh hijau lebih dari dua hingga tiga cangkir dapat membahayakan tubuh Anda. Karenanya, Anda sebaiknya membatasi minum teh hijau.