Anak TK Belum Wajib Mengerti Calistung
Pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK) terhitung penting bagi anak, terutama untuk melatih kemandirian dan interaksi sosial terhadap orang lain. Jenjang pendidikan TK melibatkan proses belajar yang "dibalut" dalam permainan sehingga lebih menyenangkan.

Ada pun kemampuan yang diharapkan dimiliki anak usia TK sebenarnya adalah kemampuan berbahasa, perkembangan motorik halus, dan motorik kasar, kemampuan emosional sehingga ia tak mudah tantrum, serta kemampuan sosial seperti berbagi dan bermain dengan teman-teman seusianya.

"Anak TK belum wajib mengerti tentang calistung  alias membaca, menulis, dan berhitung. Di bangku TK, materi ini biasanya dipelajari dasar-dasarnya saja. Misalnya mulai mengenalkan anak pada simbol huruf dan angka. Kalau pun anak berhitung, biasanya diberi media berupa benda-benda konkret," ujar Adib Setiawan, M.Psi. , psikolog di Bimbingan Belajar dan Terapi Anak "My Talent," Jakarta.

Pasalnya, anak akan lebih mudah belajar berhitung jika proses belajar melibatkan benda-benda nyata. Atau, belajar sambil bernyanyi yang akan mempermudah dan menyenangkan bagi anak TK.

Terpenting, anak harus mampu berbicara dan memiliki perbendaharaan kosakata yang banyak. Pasalnya, materi yang dipelajari di bangku TK memang bertujuan untuk mempermudah anak mengungkapkan yang dirasakan di kemudian hari.(Hasto Prianggoro/Tabloidnova.com)
http://www.tribunnews.com