Haul Gus Dur, Presiden SBY Akan Hadir di Tebuireng

Jombang - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan hadir dalam peringatan empat tahun meninggalnya KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Ponpes Tebuireng Jombang, Minggu malam (3/1/2014) mendatang. Kepastian itu dilontarkan pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Salahuddin Wahid alias Gus Solah.

"Haul ke-4 Gus Dur yang digelar tanggal 3 Januari mendatang akan dihadiri sejumlah tokoh, salah satunya adalah Presiden SBY. Insya Allah Pak SBY bisa hadir. Panitia sudah melakukan komunikasi dengan pihak istana," kata Gus Solah ketika dihubungi lewat ponselnya, Rabu (18/12/2013).

Ketua panitia haul ke-4 Gus Dur, Lukman Hakim melontarkan pernyataan
serupa. Ia menegaskan bahwa orang nomor satu di Indonesia tersebut akan hadir dalam peringatan 4 tahun meninggalnya Gus Dur. "Puncak peringatannya 3 Januri dan dihadiri Pak Presdien SBY," ungkap Lukman.

Lukman menjelaskan, selain ceramah dari presiden, dalam acara puncak itu juga digelar tahlil akbar di makam Gus Dur, usai salat Isya. Bukan itu saja, sebelumnya peringatan empat tahun meninggalnya mantan presiden ini diisi dengan beberapa kegiatan. Diantaranya, pagelaran seni barongsai dan liang-liong oleh komunitas Tionghoa, kemudian penampilan seribu rebana.

"Penampilan budaya Tionghoa ini sekaligus menjadi cerminan dekatnya Gus Dur  saat masih hidup dengan komunitas tersebut. Ada juga atraksi pesawat aeromodeling dari TNI AU. Saat ini persiapan terus kita lakukan," katanya menambahkan.

Lukman menambahkan, paket acara peringatan itu sendiri dimulai 22 Desember. Yakni diawali dengan pertemuan mejelis pengasuh pondok pesantren se-Indonesia. Selain dialog budaya yang menghadirkan budayawan Emha Ainun Najib, dalam pertemuan itu peserta akan diajak nobar (nonton bareng) film 'Sang Kiai'