Tower e-KTP Jombang Sudah Datang

Jombang (beritajatim.com) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memastikan program e-KTP di Kabupaten Jombang baru dilaksanakan 2012. Meski demikian, pihak dinas sudah melakukan berbagai macam persiapan semisal coklit (pencocokan dan penelitian) data kependudukan. Bukan hanya itu, sejumlah peralatan seperti server, modem, dan tower, untuk program tersebut juga sudah didatangkan.

Hal itu diungkapkan, Kepala Disdukcapil Jombang, Lely Agustin menanggapi bergulirnya program pembuatan KTP baru tersebut. "Program KTP elektronik atau e-KTP di Jombang baru dilaksanakan 2012 mendatang. Namun demikian, saat ini kita terus melakukan persiapan," kata Lely memastikan, Senin (3/10/2011).


Molornya jadwal itu, menurut Lely bukan karena faktor kesengajaan. Hal itu merupakan kebijakan dari pemerintah pusat. Dalam arti, pihak daerah tinggal melakukan persiapan di tingkat lokal. Sebelum pelaksanaan, tambahnya, akan ada sosialisasi terlebih dahulu di masing-masing kecamatan.


Apa saja persiapan yang sudah dilakukan? Mantan Sekretaris BKD (Badan Kepegawaian Daerah) ini mengungkapkan, Disdukcapil sudah melakukan coklit data kependudukan. Bukan hanya itu, persiapan teknis juga sudah mulai digarap. Semisal, sejumlah peralatan seperti modem, sever, serta tower juga mulai terpasang. Wajar saja, peralatan itulah yang akan digunakan untuk proses e-KTP.


"Untuk anggaran program e-KTP, bentuknya sharing antara pemerintah pusat dan daerah. Namun kita belum menentukan berapa besarannya. Karena hal itu masih dalam pembahasan," kata Lely ketika disinggung tentang total anggaran KTP elektronik itu.


Dia juga mengungkapkan, masih ada jeda waktu tahun 2011 ini, Disdukcapil memanfaatkan untuk melakukan study banding ke daerah yang sudah melaksanakan program tersebut. Dengan begitu, ketika e-KTP bisa menggelinding mulus di Jombang. "Kita sudah melakukan study banding ke Mojokerto Kota dan Ngawi," pungkasnya. [suf/kun]
Sumber : beritajatim.com